• SMK NEGERI 2 MERANGIN
  • Generasi Religius, Entrepreneurship, Smart, Inovative, Trustworthy

Desain Komunikasi Visual

Latar Belakang

Perkembangan digital yang pesat memberikan kenyamanan bagi generasi saat ini untuk menyampaikan dan menerima informasi dengan sangat cepat. Kecepatan arus informasi tersebut membentuk karakter penerima informasi yang lebih cenderung menikmati konten visual dibandingkan konten berupa tulisan.  Hal ini juga dikuatkan dengan pendapat Millward Brown (2017) yang menyebutkan gen Z lebih menyukai konten dalam bentuk visual dibandingkan tulisan. Konten visual lebih mudah diterima oleh gen Z karena memungkinkan mereka untuk memperoleh informasi sembari melakukan kegiatan lainnya. Hal ini meningkatkan kebutuhan terhadap kemampuan desain grafis. Salah satu program studi yang memfasilitasi hal tersebut adalah Desain Komunikasi Visual (DKV). 

Program Studi Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual merupakan perubahan program studi yang sebelumnya yaitu Multimedia.

Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan program studi yang bertujuan menghasilkan desainer dan peneliti dalam bidang komunikasi visual yang memiliki kepemimpinan, kemampuan berpikir kritis, kreatif, terampil, serta memiliki kepekaan dalam mengembangkan karya sebagai solusi berbagai permasalahan komunikasi visual (terkait fungsi informasi, identitas, ataupun persuasi) di masyarakat.

Program studi ini mengajarkan pengetahuan dan keterampilan, serta melatih kepekaan siswa dalam merancang komunikasi visual melalui pembelajaran berbasis proyek yang dikerjakan secara metodologis, mulai dari riset, pengembangan ide, prototyping, sampai dengan eksekusi pembuatan karya dengan beragam media sesuai kebutuhan.

Kenapa Memilih Jurusan Ini? 

Selain kebutuhannya yang semakin meningkat, jurusan ini cocok bagi kamu yang ingin mengeksplorasi bakat pada bidang desain lebih dalam lagi. Dalam prodi DKV, kamu akan mempelajari proses kreatif baik secara manual, ataupun menggunakan perangkat lunak desain grafis, videografi, fotografi,  hingga membuat animasi. Di samping itu, DKV juga responsif menjawab kebutuhan industri dengan penyediaan ruang lingkup desain grafis, multimedia, periklanan, dan manajemen desain. Dengan demikian, jurusan DKV tidak hanya memfasilitasi hobimu dalam bidang desain, tetapi memberikan kesempatan agar hobi yang kamu miliki dapat bermanfaat. 

Fasilitas Jurusan DKV 

  1. Labor Desain Publikasi 
  2. Labor Animasi
  3. Labor Percetakan
  4. Studio
  5. Komputer Disetiap Labor & Studio
  6. Kamera Foto
  7. Kamera Video
  8. Drone
  9. Mesin Cetak Mug
  10. Mesin Cetak Kaos

Dasar Program Keahlian

  1. Typografi
  2. Fotografi
  3. komputer Grafis

Kompetensi Keahlian 

  1. Desain Publikasi
  2. komputer grafis
  3. Fotografi
  4. Videografi
  5. Animasi
  6. Editing Video

Kompetensi Pilihan 

  1. Media Digital (Content Creator)

Berbagai Pilihan Profesi Setelah Lulusan

  1. Desainer Grafis

Profesi desainer grafis banyak dibutuhkan pada media-media seperti penerbit ataupun berbagai media cetak dan elektronik

  1. Illustrator

Seorang ilustrator adalah orang yang bekerja khusus untuk membuat ilustrasi untuk menjelaskan maksud dari sebuah tulisan atau konten lainnya.

  1. Web Designer

Seorang web designer bertugas untuk merancang sebuah web dengan tampilan dan konten yang menarik dan dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web.

  1. Fotografer

Seorang fotografer harus bisa menciptakan foto yang bagus dan memiliki standar estetika melalui tangkapan objek yang direkam lewat lensa kameranya. Jasa fotografer banyak dibutuhkan di berbagai tempat dan kegiatan.

  1. Animator

Peluang atau prospek kerja multimedia selanjutnya adalah animator. Animator adalah orang yang membuat gambar animasi dengan teknik ilusi sehingga gambar diam tersebut bisa menjadi gambar bergerak

  1. Video Editor

Video editor adalah orang yang bertugas untuk menyunting dan menggabungkan potongan-potongan gambar video hingga menjadi satu cerita utuh.

  1. Kameraman

Kameramen adalah orang yang bertugas untuk mengoperasikan kamera dan merekam gambar sesuai arahan produser atau sutradara

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
E-RAPOR BAGI GURU SMK NEGERI 2 MERANGIN

Aplikasi e-Raport merupakan raport yang berbasis web atau aplikasi raport untuk pengolahan nilai pengetahuan, nilai keterampilan, nilai sikap yang telah dilakukan oleh pendidik. Kegiata

14/12/2023 12:09 - Oleh Operator sekolah - Dilihat 191 kali
Struktur

-

04/01/2021 11:12 - Oleh Operator sekolah - Dilihat 1515 kali
Prestasi

- JUARA 1 LOMBA MONOLOG TINGKAT PROVINSI TAHUN 2021   Alhamdulillah kali ini salah satu siswi dai SMK N 2 Merangin memperoleh Juara 1 dalam lomba MONOLOG tingkat provinsi jambi yan

04/01/2021 11:09 - Oleh Operator sekolah - Dilihat 1321 kali
Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

Dasar Program Keahlian Gambar Teknik Mekanika Teknik Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah  Kompetensi Keahlian Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan In

31/12/2020 19:44 - Oleh Operator sekolah - Dilihat 1571 kali
Desain Komunikasi Visual

Dasar Program Keahlian Sistem Komputer Komputer dan Jaringan Dasar Pemrograman Dasar Dasar Desain Grafis Kompetensi Keahlian  Desain Grafis Percetakan Desain Media Interaktif An

31/12/2020 19:42 - Oleh Operator sekolah - Dilihat 1142 kali